Tags

, , ,


Sekilas jika kita lihat gambar mobil di atas, sama seperti mobil lainnya. “Pasti boros bahan bakar!”

Tapi jangan berburuk sangka dulu, mobil yang satu ini memiliki kelebihan dibanding mobil lain. Jika kita belum tahu identifikasinya, jelas kita akan melihat hingga beropini sama seperti mobil kebanyakan. Tidak hanya Toyota Highlander yang berprinsip Hybrid Car, tetapi juga banyak jenis mobil lain dengan konsep serupa.

Kendaraan hybrid sudah mulai dikenalkan kepada umum pada tahun 2008, bahkan menurut sumber, mobil mewah hybrid pertama yang diciptakan yaitu Lexus GS 450h. Tahun demi tahun perusahaan otomotif, terutama mobil, terus berinovasi akibat “tekanan publik” perihal pemanasan global, hingga muncullah Hydraulic Hybrid Vehicle (HHV).

Mengapa harus HHV?

Menurut EPA, karena jenis kendaraan yang satu ini sangat efisien. Benar-benar efisien! Bahkan HHV sendiri meningkatkan keefisienitas bahan bakar dibanding bahan bakar kendaraan pada umumnya, yaitu dari 50% menjadi 100%. Kebanyakan HHV memproduksi gas emisi kurang dari 30-50%, dan itu artinya kendaraan ini ramah lingkungan! Dan hal terpenting lainnya adalah hemat biaya.

Kenapa disimpulkan Hemat Biaya?

Hal ini diperoleh dari rancangan mobil itu sendiri yang hanya membutuhkan biaya minim dalam pembuatannya, juga dikombinasikan dengan special design sehingga dapat menghemat biaya perawatan! Juga karena mengurangi penggunaan bahan bakar.

Bagaimana Cara Kerja HHV?

Kebanyakan HHV menggunakan cairan kimia, N2, agar kendaraan ini dapat dikendarai sebagaimana mestinya. Saat mobil dinyalakan, cairan kimia dari kedua tabung yang terdapat di kedua sisi mobil bagian bawah ini seperti terpompa, dari tabung yang bertekanan tinggi ke tabung yang bertekanan rendah (jika cairan di tabung tekanan tinggi habis, maka cairan yang berada di tabung tekanan rendah mengalir ke sana)

Lantas bagaimana jika terjadi mogok? Nah, peran mesin yang dimiliki mobil ini digunakan. Namun hanya sebatas untuk memicu pompa hidroliknya aktif agar cairan di kedua tabung ini berfungsi kembali seperti sedia kala. Jika mobil mengerem, maka otomatis mesin tersebut mati. Saat mobil dijalankan kembali, kedua tabung inilah yang bekerja, bukan mesinnya lagi.

Lebih lengkapnya, sila simak video yang satu ini :mrgreen:

Apa Anda tertarik ingin memilikinya ❓

Salam.

Advertisements