Tags

, ,


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Chemical Society dan terangkum dalam jurnal ilmu lingkungan dan teknologi ini menyebutkan bahwa orang-orang yang dekat dengan uang kertas seperti meja kasir, dompet dan kantong telah menyebabkan kontaminasi bisphenol A (BPA) dari uang kertas yang terjadi di seluruh dunia.

Zat yang berpotensi beracun yang ditemukan dalam beberapa plastik, kertas termal, dan produk lainnya ini, jumlah BPA pada dolar, euro, yuans, dan mata uang lainnya, lebih tinggi dari pada debu di rumah, tapi paparan manusia dari mata uang ini setidaknya 10 kali lebih sedikit dibandingkan debu rumah.

Kurunthachalam Kannan dan Chunyang Liao menunjukkan bahwa banyak produsen menggunakan BPA untuk membuat plastik polikarbonat yang digunakan dalam beberapa produk konsumen, termasuk botol air, peralatan olahraga, dan elektronik rumah tangga. Studi menunjukkan bahwa BPA bertindak sebagai pengganggu endokrin – yang berarti meniru aksi estrogen hormon seks. Paparan BPA telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Meskipun sebuah penelitian baru menemukan jejak BPA dalam mata uang AS, tak ada yang tahu sampai sekarang tentang BPA pada uang kertas di seluruh dunia.

Analisis para ilmuwan menemukan bahwa sebanyak 156 lembar uang kertas dari 21 negara terkandung jejak BPA. Dalam laporan tercatat, bagaimanapun, bahwa asupan harian diperkirakan dari mata uang kertas adalah 10 kali lipat lebih rendah daripada yang dilaporkan dari paparan debu (ruangan) di Amerika Serikat. BPA tertinggi berada di uang kertas dari Brasil, Republik Ceko dan Australia, sedangkan terendah terjadi pada uang kertas dari Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Kannan dan Liao juga menemukan bahwa sumber paling mungkin dari BPA dalam mata uang adalah kertas termal yang digunakan di kasir sebagai tanda terima. Mereka menunjukkan bahwa pentransferan BPA dapat ke pembayaran secara tunai ketika ditempatkan di samping atau ketika sebuah penerima menyentuhnya sebelum menangani mata uang. “Meskipun tingkat tinggi BPA diukur dalam mata uang kertas, paparan terhadap manusia melalui penyerapan kulit tampaknya kecil.” Begitu catatan yang tertulis di artikel.

 

Lantas bagaimana dengan uang kertas Indonesia, ya? pasti tidak jauh berbeda 🙂

diterjemahkan dari Paper money worldwide contains bisphenol A

Advertisements